Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Apa Saja Fitur Baru di Android Pie atau Android 9?

Android Pie

Duniaraya.com – Google akhirnya memberi nama untuk versi android mereka yang terbaru. Setelah selama berbulan-bulan dalam tahap pengembangan versi Beta, kini google resmi merilis versi terbaru Android yang di berinama Android Pie dengan versi Android 9.

Android Pie akan mulai diluncurkan pada smartphone Pixel mulai hari ini. Google telah mengumumkan untuk versi Final Android P dari developer pada minggu lalu, mereka telah mencoba dan memastikan aplikasi mereka sepenuhnya berfungsi dan berjalan lancar.

Baca juga: Siapakah Sosok Momo dan Apakah Momo Challenge itu?

Sebelumnya para pengguna Android menebak bahwa Android versi selanjutnya yang berinisial “P” adalah “Pancake”. Karena seperti yang kita tahu bahwa google selalu menamai versi Android mereka dengan nama-nama hidangan perncuci mulut. Namun sampai akhirnya google memilih kata yang mudah diingat seperti “Pie” pada versi android terbarunya.

Apa Fitur Baru Android Pie?

Perubahan yang paling terlihat dari Android Pie ini adalah pada bagian tombol navigasi yang biasanya terdapat tiga tombol yaitu “Back”, “Home”, “Multitasking” tetapi di Android P ini hanya akan ada satu tombol untuk pengoperasiannya. Dan untuk penggantinya menggunakan Swipe. Swipe / geser ke atas untuk membuka app drawer. Swipe / geser ke kiri dan kanan untuk membuka aplikasi yang sedang berjalan.

Android Pie menggunakan Kecerdasan buatan, yaitu mampu beradaptasi dan menyesuaikan sesuai kebiasaan penggunanya. Sebagai contoh, android akan mengatur kecerahan layar dengan mempelajari kebiasaan penggunanya. Dan secara otomatis akan beralih ketingkat tertentu berdasarkan cahaya sekitar. Semua penyesuaian ini juga akan membantu meningkatkan masa pakai baterai telpon.

Android Pie juga memiliki fitur yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan digital orang-orang, termasuk mode “wind down” yang akan memudarkan layar ke abu-abu pada waktu yang ditentukan untuk membantu penggunanya memutuskan sambungan sebelum tidur.

Smartphone apa saja yang mendapat pembaruan Android Pie?

Pada rilis awal Android Pie hanya akan tersedia untuk perangkat Google Pixel dan Essential Phone. Seperti Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL dan Essential Phone yang saat ini akan mendapat pembaruan Android Pie dalam waktu dekat ini.

Sony, Oppo, Xiaomi, Nokia, Oppo, Vivo dan OnePlus dan perangkat Android One mereka baru akan menerima pembaruan pada akhir tahun ini atau sekitar bulan Desember. Untuk pabrikan lain termasuk Samsung, Motorola dan LG baru akan menerima upgrade akhir tahun ini atau sekitar awal tahun depan.

Untuk melakukan upgrade ke versi Android Pie sangat mudah kamu tinggal masuk ke Pengaturan > Tentang ponsel > Pembaruan sistem > Periksa pembaruan > Unduh dan instal.

Mungkin itu saja sedikit ulasan tentang fitur baru yang ada di Android Pie, sepertinya cukup menarik kita tunggu ya, memang sistem Android ini menurut saya Gak ada matinya. Selelu rutin melakukan pembaruan setiap tahunnya. Ok kita tunggu saja untuk rilis globalnya.