Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Nonaktifkan / Disable Game Bar, Game DVR dan Xbox Game Monitoring

Disable Game Bar

Duniaraya.com – Game bar adalah sebuah toolbar kecil yang terdapat pada sistem operasi (OS) Windows 10, biasanya game ini digunakan untuk menangkap layar dan membagikan ke pengguna lain. Namun, kadang kita merasa bahwa game bar ini justru sangat menghalangi kita bermain game. Maka kali ini saya akan membuat tutorial cara menonaktifkan / disable game bar pada windows 10.

Yang sebagian orang tidak tahu adalah bahwa game bar juga dilengkapi beberaoa fitur yang cukup terkenal yaitu Game DVR dan Xbox Game Monitoring. Dan saya juga akan memberi tahu cara menonaktifkannya.

Disable Game Bar

Cara Menonaktifkan / Disable Game Bar pada Windows 10

Pada saat kita sedang memainkan game di Windows 10 kamu dapat menekan tombol Windows + G pada keyboard. Atau menekan tombol Xboxdi gamepad untuk membuka game bar. Lalu ikuti langka-langkah dibawah ini:

  1. Klik kanan pada tombol “Start” dibagian kiri bawah layar.
  2. Masuk ke Setting lalu pilih Gaming.
  3. Pilih Game Bar sebelah kiri
  4. Switch / slide pada bagian tepat di bawah Record game clips, Screenshots, and Broadcast using Game Bar.
  5. Selesai.

Sekarang game bar kamu sudah tidak aktif. Dan untuk mengaktifkan kembali silahkan kamu slide kembali di bagian switch On/ Off.

Baca juga: Sinopsis Film Anak-Anak Petualangan Menangkap Petir

Cara menonaktifkan / Disable Game DVR

Game DVR adalah bagian dari Game Bar yang merekam gameplay Anda di latar belakang, memungkinkan Anda untuk dengan cepat menyimpan momen dari sesi game Anda sesuka hati. Meskipun ini berguna untuk mengabadikan momen kejutan yang membuat game begitu menyenangkan, namun juga menghabiskan sejumlah besar sumber daya sistem Anda, jadi jika Anda mengalami masalah kinerja, menonaktifkan fitur ini dapat membantu.

Game DVR adalah bagian dari Game Bar yang berfungsi untuk merekam game di latar belakang, dan memungkin kamu dapat dengan cepat menyimpan momen-momen tertentu sesuka hati. Meskipun begitu kekurangan Game DVR ini adalah sangat memakan resouce dengan jumlah yang besar. Sehingga cukup menggangu ke maslaah kinerja. Berikut cara menonaktifkan / disable Game DVR :

  1. Klik kanan pada tombol “Start” dibagian kiri bawah layar.
  2. Masuk ke Setting lalu pilih Gaming.
  3. Pilih Game DVR sebelah kiri
  4. Switch / slide pada bagian tepat di bawah Record game clips, Screenshots, and Broadcast using Game Bar.
  5. Selesai.

Cara menonaktikan / Disable Xbox Game Monitoring

Untuk yang satu ini sedikit sulit untuk dimatikan. Tetapi kita dapat mengakalinya lewat Registry, Xbox game monitoring ini memang sangat berguna untuk memantau game apa yang sedang kita mainkan, tetapi kadang bentrok dengan layanan lain seperti Steam dan dapat menyebabakan turunnya performa.

Catatan: sebaiknya kamu backup dulu sebelum merubah registry, hanya untuk berjaga-jaga jika kamu melakukan kesalahan. Tetapi jika kamu mengikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar maka akan baik-baik saja.

  1. Tekan tombol Windows Key + R, lalu ketik regedit dan tekan Enter.
  2. Lalu pilih HKEY_LOCAL_MACHINE.
  3. Kemudian SYSTEM.
  4. kemudian CurrentControlSet.
  5. Kemudian Services
  6. Lalu pilih xbgm. Lalu gulir kebawah
  7. Lalu klik kanan Start REG_DWORD di bagian jendela kanan.
  8. Tekan Modify.
  9. Lalu rubah nilai default 3 menjadi 4.
  10. Lalu pilih OK.

Sekarang Layanan Xbox Game Monitoring sudah kita nonaktifkan. Jika Anda ingin mengaktifkannya lkembali, kamu tinggal merubah nilai 4 menjadi 3.

Mungkin itu saja yang bisa saya share kali ini Cara menonaktifkan / Disable Game bar dan Game DVR juga menonaktifkan Xbox Game Monitoring. Ok cukup sekian dan terimakasih.