Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

3 Cara Mengatasi Fingerprint yang Error atau Lemot Pada Smartphone

Mengatasi Fingerprint yang Error

Dari tahun ke tahun pihak developer smartphone semakin meningkatkan sistem keamanan sebuah device, yang awalnya hanya berupa password lalu berubah menjadi gambar pola dan sekarang dengan pemindai sidik jari / fingerprint, bahkan di beberapa smartphone Android kelas atas sudah tersedia sistem keamanan pemindai wajah atau biasa di sebut dengan Face Unlock.

Akan tetapi dari segi pengguna masih cenderung dan masih banyak menggunakan fingerprint sebagai sistem keamanan device mereka. Dan kadang kita juga merasa kesal saat melakukan pemindai sidik jari ini terasa lama / lemot saat membaca sidik jari penggunanya.

Baca juga: Apa Saja Fitur Baru di Android Pie atau Android 9?

Cara Mengatasi Fingerprint yang Error

Inilah beberapa tips yang mungkin bisa coba kamu terapkan di device kamu, agar fingerprint dapat membaca sidik jari kamu secara akurat dan cepat.

1. Daftarkanlah lebih dari satu kali jari yang sama

Seperti kita ketahui bahwa sebuah smartphone yang memiliki fitu sidik jari, membolehkan kita untuk mendaftarkan jari kita lebih dari satu kali.

Nah ini dapat kita manfaatkan sebagai cara untuk mengakali agar fitur sidik jari ini dapat akurat dan cepat.

Yaitu ketika kita mendaftarkan jari misalnya jari telunjuk kanan untuk sidik jari yang pertama, dengan posisi normal seperti biasa berada di tengah. Lalu untuk pemindaian sidik jari yang kedua, maka kita gunakan kembali jari telunjuk kanan tadi akan tetapi posisinya kita rubah sedikit dengan meletakan jari sedikit kepinggir dari pemindai.

Maka dengan begitu nantinya sistem android akan mendeteksi sidik jari yang baru ditambahkan dan secara otomatis akan meningkatkan keakuratan dari sebuah jari. Tetapi sangat disarankan agar menambahkan sidik jari yang sama sebanyak dua kali.

2. Gunakan Jari tangan yang berbeda

Terkadang pengguna smartphone hanya mendaftarkan satu sidik jari untuk membuka smartphone mereka. Padahal ini dapat membuat kita sedikit kesulitan apabila jika jari tangan kita kotor atau berkeringat.

Maka dari itu untuk mengatasi hal ini daftarkanlah jari tangan yang berbeda. Misalnya jari telunjuk kanan dan jari telunjuk kiri. Dan kamu juga bisa medaftarkannya lebih dari satu kali seperti langkah pertama agar lebih akurat.

3. Daftakan sidik jari kamu saat setelah habis mandi.

Mungkin terdengarnya sangat lucu atau aneh, akan tetapi cara ini juga patut coba. Karena pada saat sehabis mandi atau cuci tangan, kondisi sidik jari kita dalam keadaan bersih. Sehingga ini dapat memudahkan perekaman dilakukan oleh device kita.

Mungkin itu saja sedikit tips dan trik dari saya untuk mengatasi fingerprint yang eror atau lemot pada smartphone saat dilakukan pemindaian. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.