Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengatasi Website / Blog yang Terkena Kloning / Mirror

Blog yang Terkena Kloning

Cara Mengatasi Website / Blog yang Terkena Kloning / Mirror

Duniaraya.com – Halo gan, baru-baru ini salah satu website saya kena mirror/kloning oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Cirinya yaitu tampilan web kita dan kloning 100% sama, kita update pos dia juga update pos, kita instal plugin dia juga sama, bisa dibilang perfect copy, berbeda dengan copas biasa.

Tentunya ini berdampak buruk bagi SEO website kita, terutama jika yang kloning lebih dari 1.

Dalam kasus saya, website saya di kloning sekitar 5 domain TLD, yang membuat beberapa postingan saya deindeks dari google.

Baca juga: Inilah 3 Aplikasi Android Berbahaya yang Perlu Kamu Tahu

Saya sudah ganti hosting/vps dan tentunya ganti IP, namun web mirrornya masih mengikuti tampilan web saya di vps baru, meskipun file2 di vps lama udah dihapus.

Dan setelah saya lakukan sedikit percobaan, yaitu mengarahkan DNS ke random IP, domain mirror tadi juga ngikut ke random IP, Akhirnya dapat kesimpulan bahwa mirrornya bukan berdasarkan IP/vps, melainkan malah mirror settingan DNS domain saya bagaikan udah satu tubuh.

Dan ini otomatis lho bukan manual, saat saya ganti IP web dia juga otomatis langsung ganti IP, saya rahkan web saya ke blogger, web mirrornya juga mengarah ke blogger.

Mau block IP juga gak bisa karena dia pakai Cloudflare dan IP protection usenet, jadi pakai tools pun gak bisa ketauan IP aslinya.

Setelah pusing 7 keliling mencoba segala cara mulai dari blokir IP range, Otak atik setelan webserver, coba gonta ganti nginx/apache, masalahnya tetap gak kelar.

Akhirnya setelah sharing minta bantuan sana sini, saya berkenalan dan dibantu oleh salah seorang suhu dari grup WordPress Indonesia, dan terpikir 1 solusi yaitu dengan memasang javascript agar website yang mengkloning diredirect/dialihkan ke website asli kita.

Well, langsung saya bagikan saja scriptnya:

<script type=”text/javascript”>if(document.location.hostname.split(“”).reverse().join(“”) != ‘moc.odnisremina‘){var e = document.body;e.parentNode.removeChild(e);window.location.replace(“https://”+”moc.odnisremina”.split(“”).reverse().join(“”));
}</script>

Keterangan:
Untuk bagian yang dibold (moc.odnisremina) diganti dengan reverse teks domain agan, cara mendapatkan kodenya reversenya, silahkan buka https://www.browserling.com/tools/text-reverse dan convert domain Anda disitu.

Lalu Silahkan Copy/paste scriptnya di bagian footer website kalian yang terkena klone, atau dijadikan widget html khusus juga bisa.

Selamat Mencoba! Jika masalah tidak selesai/ada kendala lain silahkan di share disini ya.

Sumber : Facebook WordPress Indonesia