Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Inilah 3 Aplikasi Android Berbahaya yang Perlu Kamu Tahu

Aplikasi Android Berbahaya

Duniaraya.com – Di Era digital ini memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita mendangar kata smartphone, bahkan hampir semua orang sudah memilikinya. Untuk smartphone yang paling banyak digunakan saat ini ialah smartphone berbasis sistem operasi Android. Maka tak heran banyak pula aplikasi android berbahaya yang beredar di internet.

Karena sistem operasi Android ini menawarkan kebebasan bagi penggunanya, mulai dari kostumisasi tampilan sampai masuk kedalam sistem operasi Android tersebut. Agar terlihat beda dari yang lainnya.

Akan tetapi dibalik kecanggihan android ini, banyak sekali tangan jahil yang memanfaatkan aplikasi untuk hal-hal yang ilegal atau melanggar hukum.

Maka dari itu kita sebagai pengguna wajib berhati-hati dalam memilih aplikasi, usahakan jangan instal aplikasi di luar layanan google playstore. Dan pilihlah aplikasi dari devoloper / pengembang yang sudah ternama. Berikut daftar aplikasi yang mungkin bisa membahayakan smartphone kita :

Baca juga: Cara Nonaktifkan / Disable Game Bar, Game DVR dan Xbox Game Monitoring

1. Aplikasi Pembersih / Cleaner

Banyak mungkin dari kita yang menginstal aplikasi pembersih ini, bahkan kadang ada beberapa aplikasi pembersih dalam satu smartphone. Memang aplikasi ini cukup membantu dalam membersihkan sisa-sisa chace yang terdapat di smartphone kita, akan tetapi kita juga perlu berhati-hati terhadap iklan-iklan yang terdapat didalamnya.

Maka dari untuk menjaga agar smartphone kita aman, sebaiknya gunakan aplikasi pembersih bawaan yang sudah terdapat didalam smartphone kita. Namun jika kita memaksakan ingin instal aplikasi pembersih dari pihak ketiga, pilihlah aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh pengguna lain.

2. Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi ini mungkin salah satu aplikasi yang banyak dicoba oleh pengguna android, sebenarnya aplikasi penghemat baterai ini tidak banyak memberikan efek yang sigmifikan terhadap smartphone kita.

Dikarenakan jika smartphone kita terlalu boros baterainya ini banyak hal yang perlu kita perhatikan. Bisa jadi memang baterai kita sudah drop, dan berarti ini termasuk kedalam hardware. Jadi sebanyak apapun kita instal aplikasi penghemat baterai tentunya ini tidak akan berpengaruh.

Dan bahaya dari menginstal aplikasi penghemat baterai ini, banyak terdapat malware yang dapat membahayakan smartphone kita. Berupa pencurian data ataupun hal lain yang tersembunyi dan tertanam dalam sistem android tersebut.

3. Aplikasi Gratisan

Aplikasi gratisan maksudnya adalah aplikasi berbayar yang sudah di Crack oleh seseorang. Nah untuk itu kita harus berhati-hati. Karena mungkin saja didalam aplikasi tersebut sudah disusupi program-progam jahat yang kita sebagai orang awam kadang tidak menyadarinya.

Maka hindari menginstal aplikasi gratisan dari pihak ketiga jika memang inigin smartphone kita aman.

Mungkin itu saja yang bisa saya share kali ini, aplikasi android berbahaya yang perlu kita ketahui. semakin berkembangnya teknologi maka sebaiknya kita juga harus perlu sangat berhati-hati dalam menggunakan teknologi tersebut terutama smartphone. Semoga apa yang saya sampaikan ini berguna. Silahkan berkomentar dan share jika artikel bermanfaat.